Selasa, 09 Juni 2009

What's SEO....!!!!

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (ecommerce).

Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan suatu situs web harus "berjuang" sekuat tenaga agar alamatnya mudah ditemukan calon pelanggan di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup (dan tidak ingin) menghafalkan alamat-alamat situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan indeks yang dibuat oleh mesin pencari.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:

* Kemungkinan calon pelanggan mengunjungi situs web mereka lebih besar, yang berarti meningkatnya peluang bagi terjadinya transaksi bisnis.
* Berada pada peringkat pertama hasil pencarian (bagi sebagian kalangan) kini dipandang sebagai salah satu ukuran bonafiditas sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis via internet.

Bagaimanapun, mesin pencari tidak memperoleh keuntungan komersial dari hasil pencarian yang alami. Pendapatan mereka diperoleh dari iklan yang tampil pada halaman yang sama namun terpisah dari hasil pencarian alami tersebut. Perusahaan yang tidak menggunakan strategi SEO atau alamat situsnya tidak berada pada posisi yang menguntungkan dalam pencarian yang alami, masih mungkin untuk menjaring pelanggan dengan tampil dalam daftar pencarian berbayar (paid listing atau commercial listing) pada mesin pencari yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar